Tautan-tautan Akses

DK PBB, Jerman Bahas Langkah Tambahan Soal Nuklir Iran di Washington


Beberapa Negara kuat bertemu di Washington Senin guna membahas langkah-langkah tambahan guna meyakinkan Iran agar menghapus aspek kontroversial dari program nuklirnya.

Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Nicholas Burns memimpin pertemuan di Departemen Luar Negeri bersama counterpart nya dari Jerman, dan lima anggota tetap Dewan Keamanan, yang terdiri dari Amerika, Inggris, Prancis, Rusia dan Cina. Peserta diperkirakan meninjau ulang draft resolusi sanksi baru terhadap Iran.

Minggu lalu, Prancis dan Inggris meng introdusir resolusi Dewan Keamanan yang menguraikan sanksi putaran ke tiga terhadap Iran karena kegagalannya menghentikan pengayaan uranium, sebuah proses yang dipakai untuk membuat senjata nuklir.

Perdana Menteri Israel Ehud Olmert yang sedang mengunjungi Jepang Senin, menyerukan sanksi lebih banyak terhadap Teheran. Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad pernah mengatakan Israel harus dihilangkan dari peta dunia.

Dalam beberapa hari ini, Ahmadinejad dan Kementeriran Luar Negeri Iran memperingatkan Teheran akan memberi tanggapan yang setimpal apabila sanksi tambahan diberlakukan.

XS
SM
MD
LG