Tautan-tautan Akses

IAEA: Iran Buat Kemajuan dalam Informasi Soal Program Nuklirnya


Badan Tenaga Atom Internasional mengatakan Iran telah membuat kemajuan dalam memberikan informasi mengenai program nuklirnya, tetapi tidak memadai untuk membuktikan negara itu mengembangkan program nuklir semata-mata untuk tujuan damai.

Kepala Badan Nuklir PBB itu, Muhammad ElBaradei mengatakan Iran memberi informasi dan akses lebih besar kepada para pemantau dibanding tahun-tahun sebelumnya, yang memungkinkan badan itu menjelaskan isyu-isyu yang masih ada.

Namun katanya, sejumlah isyu seperti tuduhan bahwa Teheran sedang mempelajari bahan peledak berkekuatan tinggi dan rancangan hulu ledak rudal, belum dijawab secara memadai.

Laporan 11 halaman itu, yang dikeluarkan hari ini, juga mengatakan Iran tidak mematuhi penghentian pengayaan uranium – proses yang dapat digunakan membuat senjata nuklir.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Sean McCormack mengatakan Amerika Serikat prihatin, Iran masih tetap tidak mematuhi kewajiban internasional.

Juru runding utama nuklir Iran Saeed Jalili mengatakan laporan itu membuktikan bahwa Iran berlaku jujur mengenai rencana nuklirnya.

XS
SM
MD
LG