Tautan-tautan Akses

Muqtada al-Sadr Perpanjang Enam Bulan Lagi Gencatan Senjata di Irak


Ulama radikal syi’ah Iraq Muqtada al-Sadr telah memperpanjang enam bulan lagi gencatan senjata yang telah memainkan peran besar dalam mengurangi kekerasan di negara itu.

Para ulama yang setia kepada Sadr mengumumkan perpanjangan gencatan senjata antara laskar Mahdi yang dia pimpin dan pasukan Amerika dan Iraq sewaktu solat Jumat hari ini.

Para pejabat Amerika mengatakan gencatan senjata itu merupakan unsur penting dalam mengurangi kekerasan di Iraq 60 persen sejak Juni. Militer Amerika di Iraq hari ini mengatakan perpanjangan itu akan menempa rekonsiliasi nasional dan memungkinkan pasukan memusatkan perhatian pada memerangi al-Qaida.

Dan seorang jurubicara Gedung Putih mengatakan perpanjangan gencatan senjata itu merupakan perkembangan positif karena semakin memencilkan kelompok-kelompok kekerasan.

Jurubicara al-Sadr Sheik Jamal al-Sudani berbicara dalam rapat umum di Bagdad hari Kamis, mengatakan kepada para anggota milisi, mereka perlu mencari jalan tanpa kekerasan untuk menjadi syuhada.

XS
SM
MD
LG