Tautan-tautan Akses

AS Menyampaikan Protes kepada Serbia atas Keamanan di Kedutaan AS di Beograd


Amerika Serikat telah dengan resmi menyampaikan protes kepada Serbia atas ketidak-cukupan pengamanan di kedutaan Amerika di Beograd, setelah diserang dan sebagian dibakar oleh demonstran yang memrotes dukungan Amerika pada proklamasi kemerdekaan Kosovo.

Seorang jurubicara Gedung Putih mengatakan serangan hari Kamis itu dilakukan oleh “preman” dan Departemen Luar Negeri Amerika telah memaklumkan pemerintah Serbia bahwa Amerika kecewa polisi tidak mencegah insiden tersebut. Seorang jurubicara mengatakan pihak berwajib hanya mengerahkan cukup polisi setelah kedutaan didobrak.

Sekelompok demonstran memisahkan diri dari demonstrasi damai yang lebih besar di Beograd dan menyerbu kedutaan itu, membakar bagian depan kedutaan dan satu kantor. Kebakaran dipadamkan dengan cepat, tetapi satu jenazah yang gosong ditemukan setelah itu, dan kedutaan Amerika yakin bahwa itu adalah jenazah demonstran.

Komplotan demonstran juga membakar dan melempari kedutaan Koasia dengan batu, membakar pos satpam di kedutaan Jerman, dan membakar satu mobil di luar kedutaan Inggris.

XS
SM
MD
LG