Tautan-tautan Akses

Pemimpin Barat Sambut Gembira Mundurnya Fidel Castro


Para pemimpin Barat menyambut gembira keputusan Presiden Kuba Fidel Castro untuk mengundurkan diri, dan berharap ini merupakan kesempatan bagi perubahan politik di negara pulau itu. Jurubicara Perdana Menteri Inggris Gordon Brown mengatakah Kuba kini memiliki kesempatan untuk melakukan transisi damai ke demokrasi. Ia mengatakan perubahan itu merupakan suatu masalah rakyat Kuba.

Menteri Spanyol untuk urusan Amerika Latin, Tinidad Jimenez, mengatakan adik Castro, Raul, kini bisa menerapkan reformasi yang diusulkan dengan kapasitas lebih besar, ketegasan dan kepercayaan. Raul Castro telah menjadi pejabat kepala negara sejak 2006, ketika Castro untuk sementara memberikan dirinya kekuasaan sementara ia menjalani pembedahan. Tidak jelas apakah Raul akan menggantikan Castro.

Amnesty International menyerukan agar para pemimpin Kuba yang baru melindungi HAM. Juga diserukan agar para tahanan politik dibebaskan dan langkah-langkah baru ditegakkan utnuk menghormati kebebasan dan indenpendensi judisial.

Sementara itu, Deputi Menteri Luar Negeri Amerika mengatakan Amerika tidak akan cepat-cepat menghapus embargo perdagangan terhadap Kuba meskipun Fidel Castro mengumumkan pengunduran dirinya. John Negroponte membuat pernyataan itu di Washington Selasa, menanggapi pertanyaan wartawan mengenai pengunduran diri Castro setelah 49 tahun berkuasa.

Embargo diberlakukan Amerika terhadap Kuba sejak 1962, tiga tahun setelah pasukan revolusioner Castro menggulingkan diktator Fulgencio Batista dari kekuasaan dan mulai menasionalisasi kan berbagai industri dan menyita properti milik Amerika.

Washington mengatakan embargo itu perlu untuk memaksakan perubahan politik di Kuba yang dipimpin komunis. Tetapi Havana menyebut sanksi perdagangan itu sebagai genosida yang merugikan pulau itu lebih dari 86 miliar dolar.

Kelompok HAM, Amnesty International mendesak masyarakat internasional agar mengakhiri kebijakan yang merugikan hak azasi Kuba, seperti embargo ekonomi Amerika.

XS
SM
MD
LG