Tautan-tautan Akses

Bush Desak DPR AS Luluskan RUU Perpanjangan Program Penyadapan


Presiden Bush mendesak Dewan Perwakilan Rakyat Amerika agar meluluskan rancangan undang-undang yang mengesahkan perpanjangan program penyadapan telepon yang dipertentangkan.

Undang-undang yang sekarang, yang akan habis masa berlakunya hari Sabtu, mengizinkan pemerintah memantau atau menyadap, tanpa izin pengadilan, telepon dan komunikasi elektronik antara orang di Amerika Serikat dan tersangka teroris di luar negeri.

Gedung Putih mengatakan kalau undang-undang itu daluwarsa, pemerintah akan terpaksa kembali menggunakan prosedur yang lama, yakni, mengajukan permohonan izin kepada pengadilan untuk kegiatan penyadapan komunikasi, yang akan menunda penindakan terhadap ancaman baru.

Tetapi, kaum Demokrat dalam DPR tidak mau mengikut-sertakan pasal yang hendak memberi kekebalan hukum bagi perusahaan-perusahaan telepon yang membantu pemerintah dalam program penyadapan. Presiden Bush mengatakan ia akan mem-veto setiap rancangan yang tidak memuat pasal tadi.

Ketua Komisi Intelijens Senat Amerika akan mengadakan pertemuan dengan komisi DPR hari ini dalam usaha menyelesaikan pertentangan itu.

XS
SM
MD
LG