Tautan-tautan Akses

Gagasan Uskup Inggris Akomodasi Hukum Islam Timbulkan Kontroversi


Gagasan Uskup Agung Canterbury (Gereja Anglika) Inggris, Rowan Williams bahwa ada aspek-aspek Hukum Islam atau Syariah yang dapat dimasukkan ke dalam sistem hukum Inggris telah menimbulkan heboh di negeri itu.

Dalam wawancara dengan Radio BBC, Williams berpendapat ada bagian-bagian dari Hukum Islam yang pelaksanaannya di Inggris tidak dapat dielakkan.

Pendahulu Williams sebagai Uskup Agung, Lord Carey mengatakan dalam suratkabar Telegraph edisi hari Minggu bahwa memasukkan bagian yang amat terbatas sekalipun dari Hukum Islam ke dalam hukum Inggris akan merupakan bencana bagi bangsa Inggris.

Kepala Gereja Katholik-Rumawi di England dan Wales, Kardinal Cormac Murphy-O’Connor mengatakan dalam suratkabar sama bahwa penduduk pendatang (imigran) harus mematuhi hukum Inggris.

Dalam pernyataan yang dimuat pada Websitenya, Williams mengakui adanya reaksi keras terhadap gagasannya, tetapi menambahkan bahwa ia cuma mencoba mengangkat isu yang lebih luas tentang hak-hak beragama dalam suatu masyarakat sekuler.

XS
SM
MD
LG