Tautan-tautan Akses

Kelompok Taliban di Pakistan Umumkan Gencatan Senjata


Kelompok milisi taliban di Pakistan mengumumkan gencatan senjata, setelah berjuang berbulan-bulan melawan tentara pemerintah di kawasan yang dikuasai kepala-kepala suku di barat laut. Ini diumumkan oleh jurubicara kelompok milisi tarik e-taliban Pakistan, Maulwi Omar kepada wartawan.

Kata Omar, pemerintah Pakistan belakangan ini tampak lebih lunak dan menghentikan serangan-serangan atas kubu pemberontak itu. Kelompok Taliban itu katanya dipimpin oleh Baitullah Meshud, yang dituduh oleh Pakistan dan Amerika bertanggung-jawab atas pembunuhan bekas PM Pakistan benazir Bhutto bulan Desember.

Sementara itu, tiga orang jenderal Pakistan tewas dalam kecelakaan helikopter di kawasan waziristan selatan. Kata jurubicara tentara, jenderal javed sultan, komandan garnisun kohat di waziristan dan dua orang brigadier jenderal Pakistan juga tewas dalam kecelakaan itu.

Dalam perkembangan lainnya, Amerika dan Inggris minta pada negara anggota Nato supaya mengirim lebih banyak tentara ke Afghanistan untuk menumpas pemberontakan taliban. Kata menteri LN Amerika Condoleezza rice di london, hanya ada sejumlah kecil negara Nato yang punya pasukan di kawasan-kawasan yang paling berbahaya di Afghanistan.

Tentara Amerika, Inggris, Kanada dan Belanda adalah tulang punggung pasukan barat yang berjuang melawan taliban di kawasan selatan Afghanistan. Condoleezza rice bertemu dengan PM Inggris Gordon brown dan menteri LN David miliband, menjelang pertemuan menteri-menteri pertahanan Nato yang akan diadakan di Lithuania minggu ini.

XS
SM
MD
LG