Tautan-tautan Akses

Senator Partai Republik John McCain Menang Besar dalam Pemilihan Super Tuesday


Senator partai Republik John McCain menang besar dalam pemilihan untuk menjadi calon Presiden dari partainya di banyak negara bagian kemarin yang disebut “Super Tuesday,” sementara Senator partai Demokrat Hillary Clinton dan Barack Obama masing-masing meraih kemenangan di negara-negara bagian utama.

Dalam pemilihan partai Republik, McCain telah menang atau diperkirakan akan menang di 9 negara bagian, 3 diantaranya berpenduduk sangat besar – Kalifornia, New York, dan Illinois. Saingannya Mitt Romney memenangkan 6 negara bagian kecil, termasuk Massachusetts, negara bagian dimana ia pernah menjadi gubernur untuk satu masa jabatan.

Mantan gubernur Mike Huckabee memenangkan negara bagian asalnya Arkansas, serta 4 negara bagian lain.

Dalam pemilihan partai Demokrat, Hillary Clinton telah menang atau diperkirakan akan menang di 8 negara-bagian, termasuk negara-bagian besar Kalifornia dan New York, negara bagian yang ia wakili dalam Senat. Barack Obama telah menang atau diperkirakan akan menang di 13 negara-bagian, terutama Georgia dan negara-bagian asalnya Illinois.

Penghitungan suara masih berlangsung dalam pemilihan partai Demokrat di negara bagian New Mexico, dan pemilihan partai Republik di Alaska.

Hari Selasa kemarin adalah pemilihan pendahuluan paling besar dalam proses awal pemilihan presiden Amerika Serikat. Kemarin, 24 negara bagian mengadakan pemilihan pendahuluan atau rapat umum partai untuk memilih kontestan calon Presiden dari kedua partai politik.

XS
SM
MD
LG