Tautan-tautan Akses

Penduduk Lebih dari 20 Negara Bagian AS Memberi Suara dalam Pemilihan Pendahuluan


Penduduk lebih dari 20 negara bagian Amerika memberi suara dalam pemilihan pendahuluan atau kaukus politik hari ini, yang disebut “Super Tuesday.” Hasilnya untuk jangka panjang akan membawa kepada keputusan siapa calon presiden dari partai Demokrat dan Republik yang nantikan akan bertarung pada pemilu bulan

November yad. 24 dari 50 negara bagian mengadakan pemungutan suara hari ini.

Dalam system yang bervariasi di setiap negara bagian, para kandidat memenangkan delegasi bagi konvensi pencalonan tingkatnasional kemudiannya tahun ini. Angket pemilih menunjukkan persaingan yang ketat antara 2 kandidat partai Demokrat, yaitu Senator Barack Obama dan Senator Hillary Clinton. Kontes ini diduga akan sangat ketat terutama di California, yang memiliki jumlah delegasi terbanyak.

Maria Shriver Kennedy, seorang anggota Partai Demokrat, adalah keponakan mendiang presiden John F. Kennedy dan anggota keluarga Kennedy nomor 3 terkemuka yang memberi dukungan kepada Obama, setelah Caroline Kennedy Schlossberg dan Senator Edward Kennedy. Shriver menyatakan dukungannya pekan lalu, dan dia mengemukakan sbb:

"Semakin saya pikirkan, andaikata Barack Obama adalah sebuah negara bagian, dia adalah California. Maksud saya, cobalah pikir, dia menyimbolkan keragaman, termuka, pintar, independen, inovatif, penuh inspirasi, pemimpi dan pemimpin."

Untuk Partai Republik, angket pemilih menunjukkan Senator John McCain berada di depan seteru kuatnya, mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney.

XS
SM
MD
LG