Tautan-tautan Akses

Parlemen Italia Gagal Membentuk Pemerintahan Sementara


Ketua Majelis Tinggi Parlemen Italia, Franco Marini mengatakan ia tidak berhasil membentuk pemerintah sementara yang akan mereformasi undang-undang pemilihan sebelum pemungutan suara di Majelis Rendah Parlemen.

Ia mengatakan kini terserah kepada Presiden Giorgio Napolitano untuk memutuskan harus atau tidak membubarkan Parlemen dan mengadakan pemilihan umum baru. Marini memberi keterangan ini kepada wartawan setelah menemui presiden sekitar pembicaraannya dengan sejumlah pemuka politik.

Pembicaraan terpusat pada upayanya membentuk pemerintah sementara menggantikan pemerintah koalisi pimpinan Perdana Menteri Romano Prodi yang jatuh bulan lalu.

Sebelumnya pemimpin oposisi Silvio Berlusconi menampik himbauan Marini agar memberi dukungan kepada pemerintah sementara.

Angket di kalangan pemilih menunjukkan koalisi tengah-kanan pimpinan Berlusconi bisa menang jika pemilihan umum diadakan sekarang. Presiden Napolitano semula berharap dengan membentuk pemerintah baru ia dapat menghindar dari mengadakan pemilihan umum baru.

XS
SM
MD
LG