Tautan-tautan Akses

Ledakan Bom di Bis Penumpang di Srilanka Tewaskan 18 Orang


Militer Sri Lanka mengatakan ledakan dalam bis sipil di bagian tengah negara itu menewaskan sedikitnya 18 orang dan melukai lebih dari 50 lainnya.

Ledakan terjadi Sabtu ini di kota Dambulla, yang terletak kurang lebih 150 kilometer di sebelah utara ibukota Kolombo. Bis itu membawa paling sedikit 100 penumpang ke kota Anuradhapura di bagian utara untuk menghadiri upacara keagamaan.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, Presiden Sri Lanka Mahinda Rajapakse mengutuk pemboman itu dan menuduh pemberontak Tamil Eelam melakukan pemboman tersebut. Ia menyerukan kepada golongan mayoritas Sinhala di negara itu agar tetap tenang dan jangan terprovokasi oleh apa yang disebutnya serangan kejam itu.

Presiden Rajapakse mengatakan, kelompok pemberontak ingin sekali menciptakan dampak pantulan dari terornya, untuk mendapatkan simpathi dari masyarakat internasional.

Bulan Januari, Pemerintah Sri Lanka dengan resmi keluar dari perjajian gencatan senjata dengan pemberontak yang diperantarai oleh Norwegia tahun 2002.

XS
SM
MD
LG