Tautan-tautan Akses

Gates dan Morin Bertemu Membicarakan Misi NATO di Afghanistan


Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates dan Menteri Pertahanan Perancis Herve Morin mengadakan pertemuan hari Kamis, untuk membicarakan misi NATO di Afghanistan, dimana Amerika sedang meminta kepada para negara sekutunya agar mengirim tentara tambahan.

Pembicaraan hari Kamis di Pentagon itu diadakan seminggu sebelum para menteri pertahanan NATO bertemu di Lithuania mengenai keadaan di Afghanistan.

Gates meminta kepada para anggota NATO agar mengirim pasukan tambahan ke Afghanistan --terutama pasukan tempur dan pelatih – untuk membantu menggantikan 3200 marinir Amerika yang akan meninggalkan zona perang itu pada akhir tahun ini.

Para pejabat departemen pertahanan mengatakan Gates telah mengirim himbauan dengan kata-kata yang kuat akan pasukan tambahan. Laporan media Jerman mengatakan ia memperingatkan hilangnya kredibilitas NATO dan kemungkinan perpecahan dalam NATO kalau negara-negara lain tidak berbuat lebih banyak untuk mendukung misi di Afghanistan. Para pejabat Amerika tidak menanggapi isi pesan Gates itu.

XS
SM
MD
LG