Tautan-tautan Akses

PM Kanada Ancam akan Tarik Pasukan dari Afghanistan Tahun Depan


Perdana menteri Kanada Stephen Harper mengatakan ia akan menarik pasukan Kanada dari Afghanistan tahun depan kecuali jika Persekutuan NATO menambah pasukan dan perlengkapan untuk memerangi militan Taleban di sana.

Pemerintahan Partai Konservatif pimpinannya terus mendapat tekanan dari politisi dan publik untuk tidak memperpanjang misi pasukan Kanada di Afghanistan yang berakhir bulan Februari 2009.

Harper mengatakan ia menerima rekomendasi yang diajukan sebuah panel pekan lalu yang mengatakan Kanada harus menarik 2500 pasukannya dari propinsi Kandahar yang dihantui kekerasan di Afghanistan selatan kecuali jika NATO mengirim 1000 pasukan dan perlengkapan lagi.

Ketidak-mauan sebagian negara Eropa anggota NATO mengirim pasukan ke Afghanistan timur dan selatan yang berbahaya telah menimbulkan perpecahan dengan Inggris, Kanada dan Belanda yang bersama-sama Amerika menderita korban terbanyak akibat kekerasan oleh Taleban.

Sejak mengirim pasukan ke Afghanistan enam tahun lalu Kanada telah kehilangan 78 anggota pasukan dan seorang diplomatnya di sana.

XS
SM
MD
LG