Tautan-tautan Akses

Bentrokan Antar Etnis di Kenya Meluas ke Banyak Daerah


Masa dari sukubangsa yang bersaing di Kenya bentrok dengan polisi dan satu-sama lain dan telah meluas ke banyak daerah. Bentrokan itu adalah rentetan dari pemilihan presiden yang hasilnya dipersengketakan.

Saksi mata mengatakan hari Senin pecah bentrokan di Naivasha, Kisumu, Eldoret, Kakamega dan daerah lain di Kenya tengah dan barat. Paling tidak di dua kota Naivasha dan Kisumu polisi menggunakan gas air mata untuk menghentikan bentrokan.

Jumlah korban dalam bentrokan hari Senin belum diketahui namun saksi mata mengatakan gerombolan masa membakar bangunan dan gedung dan menyerang orang dengan pentung dan golok.

Dengan kematian 19 orang di Naivasha hari Minggu dan lebih dari 60 orang dalam kerusuhan di kota Nakuru beberapa hari belakangan ini maka jumlah korban selama sebulan kekerasan bertambah menjadi lebih 800 orang.

Dalam pada itu – para diplomat terus berusaha mengatasi krisis politik yang mencetuskan kekerasan itu. Menteri Inggris urusan Afrika, Mark Malloch Brown mengatakan Presiden Mwai Kibaki dan pemimpin oposisi Raila Odinga baru membuat kemajuan kecil ke arah penyelesaian.

XS
SM
MD
LG