Tautan-tautan Akses

OSCE Himbau Rusia Cabut Berbagai Peraturan Pemantauan Pemilu


Organisasi Keamanan terbesar di Eropa mengatakan Rusia telah memberlakukan berbagai peraturan ketat mengenai tugas pemantauan-pemilu yang direncanakannya untuk dilakukan sehubungan dengan pemilihan presiden negara itu bulan Maret.

Organisasi Bagi Keamanan dan Kerjasama di Eropa atau OSCE, yang secara rutin memantau pemilu di Eropa, meminta Rusia hari Selasa supaya mempertimbangkan kembali peraturan itu.

Hari Senin, ketua pemilu Rusia mengundang OSCE untuk mengirim 70 pemantau guna mengamati pemilu itu dibandingkan dengan 250 yang memantau pemilu Rusia empat tahun lalu. Lagi pula, OSCE mengatakan Moskow tidak akan mengizinkan pemantaunya masuk ke negara itu hingga tanggal 28 Februari.

Seorang jurubicara mengatakan peraturan itu tidak memberi cukup waktu bagi para pemantau untuk digelar sebelum pemilu tanggal 2 Maret. Ia mengatakan OSCE belum memutuskan apakah akan melakukan pemantauan itu.

Para pemantau Eropa menghadapi berbagai peraturan serupa sewaktu pemilu parlementer bulan Desember dan kemudian menarik diri dari proses pemantauan tersebut.

XS
SM
MD
LG