Tautan-tautan Akses

Yudhoyono Memimpin Upacara Pemakaman Suharto di Astana Giribangun Karanganyar


Jenazah mantan Presiden Suharto telah dikebumikan dalam satu upacara kenegaraan dengan penghormatan militer penuh dekat kota asalnya Solo.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin upacara hari ini di mausoleum keluarga Suharto, Astana Giribangun Karanganyar, sekitar 400 kilometer sebelah timur ibukota Jakarta. Dia membaca daftar panjang apa-apa yang telah dicapai pemerintahan militer Suharto:

Jenazah Pak Harto disemayamkan di kediaman keluarga selama satu malam sebelum diangkut melintasi jalan-jalan dalam iring-iringan kendaraan ke sebuah bandara militer. Prosesi itu disaksikan ribuan orang.

Mantan Presiden Suharto telah dirumahsakitkan sejak tanggal 4 Januari, dengan menderita kegagalan berbagai organ. Dia meninggal Minggu petang pada usia 86 tahun setelah menderita koma. Pemerintah Indonesia telah mengumumkan masa berkabung selama tujuh-hari.

Sementara itu, dalam sepucuk surat kepada puteri Suharto, Siti Hardiyanti Rukmana, mantan PM Singapura Lee Kuan Yew, menyebutkan dalam pernyataan dukanya bahwa sejarah akan menempatkan Suharto pada tempat yang terhormat. PM Thailand yang akan segera meninggalkan jabatannya, Surayud Chulanont juga memuji Suharto dalam surat belasungkawanya, menyebutkan bahwa mantan presiden itu telah mempertahankan keamanan regional di seanteri Asia Tenggara.

XS
SM
MD
LG