Tautan-tautan Akses

Pihak Berwenang Mesir Memblokir Truk-Truk agar Tidak Memasuki Kota Rafah


Pihak berwenang Mesir memblokir truk-truk agar tidak memasuki kota perbatasan Rafah sehingga toko-toko tidak bisa mengisi stok bahan-bahan yang telah diborong warga Palestina yang menyeberang dari Gaza.

Mesir berjuang mengembalikan ketentraman di Rafah dan sekitarnya setelah militan Hamas menjebol batas keamanan yang memisahkan Mesir dengan Gaza pekan lalu. Sejak itu ribuan warga Palestina membanjir ke Mesir untuk membeli bahan makanan dan barang-barang lain yang langka sejak Israel mengisolasi Gaza sebagai reaksi terhadap serangan-serangan roket Hamas.

Menteri Luar Negeri Mesir Ahmed Aboul Gheit mengatakan negaranya akan mengembalikan kontrol di perbatasan secepat mungkin.

Hari Minggu, Perdana Menteri Israel Ehud Olmert dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas bertemu guna membahas krisis di perbatasan itu. Tidak diberikan rincian mengenai pembicaraan mereka.

Namun pejabat-pejabat Palestina mengatakan Abbas akan minta Israel agar mengizinkan penempatan pasukan Penguasa Palestina di perbatasan.

XS
SM
MD
LG