Tautan-tautan Akses

Keadaan di Perbatasan Jalur Gaza dan Mesir Masih Tetap Kacau


Keadaan di perbatasan antara Jalur Gaza dan Mesir tetap kacau balau, sementara ribuan orang Palestina dari Jalur Gaza menyeberang masuk ke Mesir hari Sabtu, untuk hari keempat berturut-turut sejak kaum militan menghancurkan tembok perbatasan hari Rabu lalu.

Ratusan kendaraan juga menyeberang masuk ke Mesir setelah anggota kelompok militan Palestina menggunakan bulldozer untuk membuka bagian baru dari tembok penghalang itu.

Anggota Hamas bersenjata menguasai daerah perbatasan di sisi bagian Mesir, di mana para penjaga keamanan dan polisi perbatasan mundur.

Mesir mengatakan, kurang- lebih 40 penjaga keamanannya luka-luka sejak militan Gaza menghancurkan bagian dari tembok penghalang itu hari Rabu.

Mesir telah mengusulkan agar wakil-wakil dari faksi-faksi yang bersaing di Palestina, Hamas dan Fatah datang ke Kairo untuk mengadakan pembicaraan mengenai penyelesaian krisis perbatasan.

Hamas menerima usul itu. Tetapi Ketua Fatah, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menegaskan lagi hari ini bahwa ia tidak akan mengadakan kontak lagi dengan Hamas , sampai kelompok itu melepaskan kekuasaan atas Gaza.

XS
SM
MD
LG