Tautan-tautan Akses

Michael Hayden: Bhutto Dibunuh oleh Kelompok yang Bersekutu dengan Pemimpin Suku Baitullah Mehsud


Direktur Badan Intelijen Pusat Amerika, CIA menyatakan seorang pemimpin suku Pakistan dan kaum militan yang terkait dengan al-Qaida bertanggungjawab dalam kasus pembunuhan mantan perdana menteri Pakistan Benazir Bhutto bulan lalu.

Direktur CIA Michael Hayden menyampaikan kepada surat kabar The Washington Post bahwa Bhutto dibunuh oleh orang-orang yang bersekutu dengan pemimpin suku Baitullah Mehsud, dengan dukungan al-Qaida.

Pemimpin CIA itu menolak membahas informasi intelijen di balik pernyataan CIA tadi, namun ia mengatakan kaum militan melancarkan kampanye untuk menggoyahkan Pakistan.

Komentar Hayden merupakan penilaian publik yang paling tegas oleh seorang pejabat intelijen Amerika mengenai siapa yang bertanggungjawab atas pembunuhan terhadap Bhutto.

Pemerintah Pakistan juga menyalahkan Mehsud atas pembunuhan 27 Desember lalu di Rawalpindi. Akan tetapi keluarga dan pendukung Bhutto di Partai Rakyat Pakistan PPP menyatakan pemerintah Presiden Pervez Musharraf juga termasuk pihak yang patut dipersalahkan atas kematian pemimpin oposisi itu.

Raza Rabbani, Deputi Sekretaris PPP menyatakan partainya belum siap menanggapi pernyataan CIA itu.

XS
SM
MD
LG