Tautan-tautan Akses

9 Tewas dan 20 Luka-Luka dalam Ledakan di Masjid Shiah Pakistan


Paling sedikit 9 orang tewas dan 20 luka akibat ledakan di sebuah masjid Shiah di Pakistan bagian timur laut. Para pejabat mengatakan ledakan terjadi hari ini di masjid di Peshawar, ibukota propinsi North West Frontier.

Ledakan itu terjadi sementara kalangan minoritas muslim Shiah Pakitan bersiap-siap merayakan Ashura. Hari raya keagamaan sering ditandai oleh kekerasan sektarian.

Secara terpisah, pejabat militer Pakistan mengatakan militan Islam telah meninggalkan benteng yang mereka telah kuasai dekat perbatasan Afghanistan sebelumnya minggu ini.

Juru bicara militer (Major General Athar Abbas) hari ini mengatakan militan telah meninggalkan benteng di kota Sararogha, wilayah kesukuan di Waziristan selatan. Beberapa ratus militan menyerang benteng itu dengan roket selasa malam.

Menurut militer, paling sdikit 40 militan dan 7 tentara tewas dalam pertempuran itu. Para petugas sedang mencari 15 tentara lainnya yang hilang.

Kata pemerintah, wilayah itu adalah kubu kuat militan yang terkait dengan al-Qaida pimpinan Baitullah Mehsud, salah satu orang Pakistan yang paling diburon. Pejabat menyalahkan Mehsud atas pembunuhan mantan perdana mentri dan pemimpin oposisi Benazir Bhutto pada tanggal 27 Desember lalu.

XS
SM
MD
LG