Tautan-tautan Akses

Mantan Pejabat CIA Tak Hadiri Sidang Pemeriksaan oleh Kongres AS


Jose Rodriguez, bekas pejabat dinas intellijen pusat Amerika, CIA, yang katanya memerintahkan pemusnahan pita-pita rekaman video pemeriksaan para tersangka teroris al-Qaida, tidak hadir dalam sidang pemeriksaan yang dilakukan Kongres Amerika hari ini.

Kata pengacara Rodriguez, kliennya itu tidak hadir dalam sidang, karena permintaannya untuk diberi kekebalan penuh ditolak. Komisi intellijen DPR Amerika telah memanggil Rodriguez, yang dulu mengepalai sebuah cabang dinas rahasia CIA, untuk dimintai keterangan tentang perannya dalam pemusnahan pita-pita rekaman video itu tahun 2005.

Kata CIA, pita-pita rekaman itu dimusnahkan untuk melindungi identitas para pemeriksa, tapi kata para pengecamnya, pita rekaman itu dimusnahkan untuk menghilangkan bukti-bukti adanya penyiksaan.

Pita rekaman itu katanya memuat interrogasi pejabat al Qaida Abu Zubaidah dan Abdul Rahim al-Nashiri, yang menunjukkan keduanya diperiksa dengan menggunakan teknik yang disebut water-boarding, atau pura-pura akan ditenggelamkan. Departemen kehakiman Amerika telah memulai penyelidikan tentang kasus pemusnahan pita rekaman itu.

XS
SM
MD
LG