Tautan-tautan Akses

Pentagon: Terjadi 3 Konfrontasi Kapal AS dan Iran dalam Sebulan Ini


Dept. Pertahanan Amerika menyatakan telah terjadi 3 konfrontasi dalam satu bulan ini antara Angkatan Laut Amerika dan kapal-kapal Iran di Teluk Persia. Satu konfrontasi berhenti sesudah sebuah kapal Amerika melepaskan tembakan peringatan untuk menjera kapal Iran.

Pentagon Jumat mengatakan, tembakan peringatan itu dilepaskan 19 Desember lalu oleh kapal Amerika USS Whidbey Island untuk mengembalikan sebuah kapal motor Iran yang mendekat.

Dalam insiden lain, Angkatan Laut Amerika mengatakan, 3 kapal peronda Iran datang sangat mendekati kapal Amerika USS Carr, 22 Desember. Militer mengatakan, kapal-kapal peronda itu kembali ssudah kapal Amerika itu membunyikan peluitnya untutk memperingatkannya.

Pentagon Jumat kemarin juga merilis apa yang dikatakannya video yang tidak di-edit mengenai insiden yang diketahui terbaru, yang terjadi Ahad di Selat Hormuz. Video itu merekam para awak kapal Amerika yang membahas mengenai bagaimana menangani kapal-kapal motor Iran yang mengancam itu. Sebelumnya dalam pekan ini, pihak penguasa Iran mempertanyakan ke-aslian video yang telah di-edit yang dirilis oleh Pentagon.

Pada jumpa pers Jumat, Ketua Gabungan Kepala-kepala Staf, Laksamana Mike Mullen mengatakan bahwa AS akan membela diri dan membela kapal-kapal miliknya dengan kekuatan dahsyat.

XS
SM
MD
LG