Tautan-tautan Akses

DK PBB Kecam Keras Serangan Terhadap Konvoi PBB di Darfur


Dewan Keamanan PBB dengan kuat mengecam serangan terhadap konvoi penjaga perdamaian di daerah Darfur, Sudan, dan mengancam tindakan terhadap setiap pihak yang menghambat proses perdamaian.

Dewan Keamanan menuduh unsur-unsur dalam angkatan bersenjata Sudan sebagai pelaku serangan hari Senin. Dewan mengatakan setiap ancaman terhadap misi penjagaan perdamaian gabungan PBB-Uni Afrika di Darfur tidak dapat diterima, dan menyambut baik tawaran pemerintah Sudan untuk mengadakan penyelidikan bersama insiden itu dengan pejabat PBB dan Uni Afrika.

Dutabesar Amerika di PBB mengatakan Dewan keamanan dapat mengambil berbagai langkah, termasuk sanksi, kalau serangan demikian terjadi lagi.

Pemerintah Sudan telah mengeluarkan pernyataan yang bertentangan mengenai apakah militernya bertanggung jawab atas serangan itu. Mula-mula, para pejabat membantahnya, lalu Menteri Pertahanan Sudan mengeluarkan pernyataan yang menerima tanggung jawab tetapi mengatakan itu adalah kekeliruan. Hari Jumat, ia menjauhkan dirinya dari pernyataan tersebut.

XS
SM
MD
LG