Tautan-tautan Akses

AS Kukuhkan Lagi Dukungan Bagi Kemerdekaan Kosovo


Amerika mengukuhkan lagi dukungannya diusahakan penyelesaian yang cepat terhadap status akhir propinsi Kosovo yang memisahkan diri dari Serbia. Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika, Tom Casey mengatakan Amerika berharap usul penengah PBB Martti Ahtisaari agar Kosovo diberi kemerdekaan yang diawasi dapat dilaksanakan secepatnya.

Casey mengatakan ia tidak tahu tentang sesuatu kesepakatan atau pembicaraan dengan Jerman tentang mengakui kemerdekaan Kosovo. Namun, katanya, Amerika yakin masyarakat internasional akan bergerak maju dan berbicara dengan satu suara mengenai isu itu.

Keterangan ini diucapkannya sebagai jawaban atas berita suratkabar New York Times tentang kesepakatan Amerika-Jerman untuk mengakui Kosovo dan menganjurkan negara lain berbuat serupa apabila pemerintah propinsi Kosovo yang dipimpin etnis Albania mendeklarasikan kemerdekaan propinsi itu.

Perundingan antara Serbia dan para pemuka penduduk Kososvo dari etnis Albania yang berbulan-bulan di bawah penengahan internasional mengenai status propinsi itu berakhir bulan November tanpa sesuatu kesepakatan.

XS
SM
MD
LG