Tautan-tautan Akses

24 Tewas dalam Serangan Bom Bunuh Diri di Lahore, Pakistan Timur


Pihak kepolisian Pakistan mengatakan paling sedikit 24 orang, sebagian besar polisi, telah tewas dalam serangan bom bunuh diri di kota Lahore, Pakistan timur. Para pejabat mengatakan lebih 60 lainnya juga luka-luka.

Ledakan hari ini menghantam lapangan yang ramai di depan Pengadilan Tinggi Lahore dimana puluhan polisi berkumpul menjelang aksi protes yang akan dilakukan para pengacara di kota itu. Kepala polisi setempat Malik Mohammad Iqbal mengatakan kepada media lokal, hanya satu korban jiwa yang bukan polisi.

Kantor Berita Perancis mengutip seorang anggota polisi senior mengatakan pengebom tersebut berkendaraan sepeda motor dan meledakkan dirinya ketika polisi menyuruhnya berhenti di luar gedung pengadilan. Di Pakistan dalam beberapa bulan ini terjadi gelombang pengeboman yang ditujukan terhadap politisi dan pasukan keamanan.

Amerika mengutuk serangan bom bunuh diri di kota Lahore itu. Jurubicara Dewan Keamanan Nasional Katherine Starr mengatakan, Gedung Putih mengutuk serangan keji itu, dan upaya lain apapun untuk mengganggu proses demokrasi di Pakistan menjelang pemilihan anggota parlemen bulan depan.

Kepala polisi setempat Malik Mohammad Iqbal mengatakan yang menjadi sasaran jelas adalah polisi. Para pejabat pemerintah mengatakan, serangan ini tidak akan mengganggu pemilihan anggota parlemen tanggal 18 Februari.

Belum ada yang mengaku bertanggungjawab atas serangan itu, tetapi pemerintah menuduh militan yang terkait al-Qaida sebagai pelaku serangan-serangan serupa sebelumnya.

XS
SM
MD
LG