Tautan-tautan Akses

Clinton, McCain Harapkan Momentum dari Kemenangan di New Hampshire


Senator Hillary Clinton dan John McCain berharap dapat membangun momentum setelah memenangi pemilihan primer presiden di partai politik mereka masing-masing di New Hampshire.

Hasil jajak pendapat segera setelah pemungutan suara berlangsung menunjukkan kaum perempuan pemilih datang dalam jumlah besar dan memberi Clinton kemenangan tipis atas Senator Barack Obama dalam pertarungan di kubu Demokrat. Dalam pidato kemenangannya, mantan ibu negara itu mengatakan ia siap memberi Amerika suatu kebangkitan seperti kebangkitan yang ia alami di New Hampshire. Ia meraih tempat ketiga pada kaukus Demokrat di Iowa pekan lalu, di bawah Obama dan mantan Senator North Carolina John Edwards.

Di kubu Republik, McCain menang atas saingan terdekatnya, mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney. McCain mengatakan kepada para pendukungnya, bahwa kemenangan itu menghidupkan kembali kampanyenya yang menunjukkan kepada bangsa Amerika bagaimana bentuk suatu kebangkitan dan menyarankan agar mereka terus membuat sejarah.

Enam bulan silam, kampanyenya nyaris kehabisan dana dan posisinya dalam berbagai Jajak pendapat merosot.

Iowa dan New Hampshire adalah negara bagian yang relative kecil, namun pertarungan awal di sana berdampak besar bagi proses memilih kandidat dari partai Demokrat dan Republik, yang akan saling bertarung dalam pemilihan presiden bulan November mendatang.

XS
SM
MD
LG