Tautan-tautan Akses

Mayoritas Warga Pakistan Dukung Negara Islam Moderat dan Demokratis


Angket pendapat umum baru di Pakistan mendapati bagian terbesar orang Pakistan mendukung negara Islam yang moderat dan demokratis – dan mereka bertambah tidak percaya terhadap Amerika.

Menurut angket, sebagian orang Pakistan menghendaki Islam memegang peranan lebih besar dalam masyarakat mereka. Namun, bagian terbesar pula menghendaki sistem pemerintahan yang lebih demokratis, menolak Talibanisasi dan mendukung upaya pemerintah baru-baru ini mereformasi madrasah.

Angket dilakukan oleh WorldPublicOpinion.org dengan dukungan United States Institute of Peace yang berkedudukan di Washington.

Tiga di antara lima orang mengatakan mereka memandang kegiatan al-Qaida, Taliban Pakistan dan kelompok-kelompok Islam lain sebagai ancaman terhadap kepentingan pokok Pakistan. Tetapi 14% tidak memandang kelompok-kelompok itu sebagai ancaman.

Angket menanyai lebih dari 900 orang Pakistan dewasa di daerah perkotaan, dan dilakukan bulan September lalu tidak lama sebelum Presiden Pervez Musharraf memaklumkan keadaan darurat dan sebelum pembunuhan terhadap Benazir Bhutto.

Angket juga mengungkapkan rasa permusuhan di kalangan orang Pakistan terhadap Amerika. 64% yang ditanyai mengatakan mereka tidak percaya Amerika mau bertindak secara bertanggungjawab di dunia.

70% mengatakan, adalah tujuan pemerintah Amerika untuk melemahkan dan memecah dunia Islam.

XS
SM
MD
LG