Tautan-tautan Akses

Para Kontestan Capres AS Kampanye di Negarabagian New Hampshire


Kontestan calon presiden di Amerika hari Jum’at tumpah ke negarabagian New Hampshire berkampanye untuk pemilihan pendahuluan pekan depan di sana. Kaukus di negarabagian Iowa hari Kamis dimenangkan oleh Senator Barack Obama dari Partai Demokrat dan mantan gubernur Arkansas Mike Huackabee dari Partai Republik.

Obama, senator masa jabatan pertama dari negarabagian Illinois dengan mudah mengalahkan mantan Senator John Edwards dan Senator Hillary Clinton dari negarabagian New York yang masing-masing menduduki tempat ke-2 dan ke-3 dari Partai Demokrat.

Senator Obama mengatakan di hadapan masa yang bersorak-sorai di Iowa bahwa ia ingin menyatukan Amerika Serikat setelah bertahun-tahun terpecah secara politis antara Demokrat dan Republik. Ia berusaha menjadi kulit hitam pertama dipilih menjadi presiden Amerika.

Di pihak Partai Republik Huckabee mengandalkan dukungan kuat dari golongan Kristen konservatif untuk mengalahkan mantan gubernur negarabagian Massachusetts Mit Romney. Huckabee yang pendeta Baptis mengatakan kepada pendukungnya diperlukan hari baru dalam politik dan pemerintah Amerika.


XS
SM
MD
LG