Tautan-tautan Akses

Specter: Peluang bagi Suriah, Israel Mulai Lagi Perundingan Perdamaian


Seorang senator AS mengatakan dia melihat sebuah peluang bagi Suriah dan Israel untuk memulai kembali perundingan perdamaian dengan bantuan AS. Senator Partai Republik, Arlen Specter dari Pennsylvania mengatakan Sabtu kemarin, selama kunjungannya di Damascus, peluang itu ada jika kedua pihak siap untuk membuat kemajuan.

Kata Specter, AS dalam posisi dapat membantu jika Suriah dan Israel siap bergerak. Senator Specter dan Anggota Kongres Partai Demokrat, Patrick Kennedy, tiba di Suriah Sabtu kemarin untuk kunjungan 2 hari.

Mereka dijadwalkan bertemu dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad. MenLu Suriah Walid Muallem bertemu dengan kedua politisi AS tsb. Menurut Muallem, Damascus menghargai dialog dengan Washington. Dia menegaskan pentinganya dialog berdasarkan sikap sama-sama menghargai.

Hubungan antara AS dan Suriah kini tegang. Awal bulan ini, Presiden Bush mengutarakan bahwa dia sudah hilang sabar dengan Presiden Assad. Kata Bush, Suriah turut menyebabkan kegoncangan politik di negara tetangga Libanon.

XS
SM
MD
LG