Tautan-tautan Akses

Kenya Hentikan Pengumuman Hasil Pemilu Setelah Timbul Kerusuhan


Para pejabat pemilu di Kenya mengatakan mereka akan menghentikan pengumuman hasil penghitungan suara semalam setelah terjadi kerusuhan sehari, tuduhan-tuduhan kecurangan dalam pemilu dan pihak saingan yang menyatakan kemenangan.

Ketua Komite Pemilu, Samuel Kivuitu mengatakan, ia akan meminta hasil akhir penghitungan suara hari Minggu, atau terpaksa mengambil tindakan.

Para petugas pemilu akan terus melakukan penghitungan suara sampai malam, tetapi akan menghentikan pengumuman hasil penghitungan suara pendahuluan.

Penghitungan suara yang diumumkan hari Sabtu , menunjukkan 189 dari 210 daerah pemilihan, menempatkan Odinga unggul 4,3 juta suara dibandingkan dengan Mwai Kibaki yang memperoleh 4 juta suara.

Gerakan Demokrasi Orange Odinga sebelumnya menyatakan kemenangan berdasarkan pada penghitungan suara sendiri, tetapi keunggulannya menurun dalam penghitungan suara resmi hari itu

Partai Kibaki menolak pernyataan kemenangan Partai Demokrasi Orange Odinga, dan menyatakan Presiden yang memegang jabatan sekarang menang.

Keterlambatan dalam mengumumkan hasil penghitungan suara telah menimbulkan protes dengan kekerasan di seluruh Kenya, dan tuduhan adanya kecurangan dalam pemilu. Polisi mengatakan, beberapa orang meninggal dalam penjarahan dan bentrokan disertai tindak kekerasan sehari, sebagian besar di kubu-kubu pihak opsosisi.

XS
SM
MD
LG