Tautan-tautan Akses

Ratusan Ribu Orang Mengantar Jenazah Bhutto ke Pemakaman


Ratusan ribu orang turut mengantar jenazah Benazir Bhutto ke pamakaman hari Jum’at. Ribuan lagi berjajar di pinggir jalan yang dilalui peti jenazahnya ke tempat peristirahatan terakhir di sisi makam ayahnya di pemakaman keluarga di Propinsi Sindh.

Pada hari sama pendukungnya yang marah terus melancarkan protes, menyerang pos polisi dan kantor-kantor pemerintah dan membakar mobil. Paling tidak 23 orang tewas sejak Bhutto tewas terbunuh hari Kamis. Sebagian besar huru-hara terjadi di Propinsi Sindh, asal dan kubu politik almarhumah.

Pejabat-pejabat di sana telah mengeluarkan perintah tembak di tempat terhadap siapa saja yang melakukan kekerasan. Pemerintah Pakistan hari Jum’at menuduh al-Qaida yang membunuh Bhutto dengan mengatakan pihaknya mencegat intelijen di mana seorang pemimpin al-Qaida mengucapkan selamat kepada militan yang membunuh Bhutto.

Seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri Pakistan juga mengumumkan bahwa Departemen Kehakiman dan Kepolisian sudah mulai melakukan penyelidikan atas pembunuhan itu.

Bhutto dibunuh hari Kamis tatkala meninggalkan rapat umum politik di Rawalpindi yang merupakan bagian dari kampanye menghadapi pemilihan umum tanggal 8 Januari. Penjabat perdana menteri Mohammad Mian Soomro mengatakan hari Jum’at bahwa pemerintah sebegitu jauh tidak berniat menunda pemilihan.

XS
SM
MD
LG