Tautan-tautan Akses

Pemerintah Pakistan: Al-Qaida di Belakang Pembunuhan Bhutto


Pemerintah Pakistan menjelaskan, teroris al-Qaida yang berada di belakang pembunuhan Benazir Bhutto. Jurubicara Kementerian Dalam Negeri, Brigadir Jenderal Javed Cheema menerangkan kepada wartawan hari Jum’at bahwa pemerintah memiliki cegatan intelijen yang direkam di mana pemimpin al-Qaida, Baitullah Mehsud mengucapkan selamat kepada teroris karena berhasil membunuh Bhutto.

Mehsud adalah salah seorang pemuka militan Pakistan yang paling dicari-cari dan diduga berpangkalan di daerah Waziristan selatan di perbatasan Afghanistan. Adalah juga Mehsud, katanya, yang berada di belakang ledakan bom bunuh diri yang ditujukan terhadap Bhutto beberapa jam setelah Bhutto tiba di Karachi dalam kepulangannya dari delapan tahun di pengasingan bulan Oktober lalu.

Menurut Cheema militan al-Qaida yang sama sudah berulangkali menyerang pejabat-pejabat tinggi, tentara, dan dinas intelijen Pakistan dalam upaya mengacau negara. Cheema memperlihatkan video saat-saat terakhir kehidupan Bhutto ketika ia berdiri di kendaraan berlapis baja melambai-lambaikan tangan kepada pendukung selesai rapat umum.

Seterusnya Cheema mengatakan, Bhutto tidak mati karena luka tembakan atau pecahan dari bom bunuh diri melainkan karena kepalanya terhempas ke pengangkat jendela atap kendaraan itu.

Pemerintah Pakistan, katanya, sudah memulai dua penyelidikan tingkat tinggi – satu oleh Departemen Hukum dan satu lagi oleh Kepolisian Punjab dan pakar forensik. Cheema juga mengatakan pemerintah tidak akan membuang-buang waktu dalam mencari siapa yang bertanggungjawab atas pembunuhan itu.

XS
SM
MD
LG