Tautan-tautan Akses

Persiapan Dilakukan bagi Pemakaman Jenazah Bhutto di Provinsi Sindh


Persiapan sedang berlangsung bagi pemakaman mantan PM Pakistan Benazir Bhutto di desa asalnya di provinsi Sindh selatan. Bhutto dimakamkan di samping ayahnya Zulfikar Ali Bhutto, Jumat ini.

Suami Bhutto –Asif Zandari – akan menghadirinya

Bhutto tewas Kamis kemarin di Rawalpindi ketika dia meninggalkan rapat besar partai politik, bagian dari kampanyenya untuk pemilu parlemen yang akan diadakan 8 Januari. Penjabat Perdana Menteri, Mohammadmian Soomro, Jumat mengatakan, pemerintah tidak ada ada rencana segera untuk menunda pemilu.

Bhutto berada dalam kendaraan lapis baja saat diserang Kamis kemarin, tetapi bagian atas tubuhnya kelihatan di kap kendaraan yang terbuka ketika dia berdiri untuk melambaikan tangan kepada para pendukungnya. Polisi mengatakan, seorang pembom bunuh diri menembak Bhutto, kemudian pembom itu meledakkan dirinya, dan menewaskan sedikitnya 20 orang. Bhutto yang berumur 54 tahun itu segera dibawa ke rumah-sakit, namun dokter tidak dapat menyelamatkan jiwanya. Presiden Pakistan Pervez Musharraf menyatakan hari berkabung 3 hari. Ksata Musharraf:

Musharraf mengatakan, dia menyalahkan kaum teroris atas serangan itu dan berjanji akan membersihkan kaum teroris dari Pakistan.

Pembunuhan atas Bhutto menimbulkan aksi protes dengan kekerasan di beberapa kota, termasuk Rawalpindi, Karachi dan Lahore.

XS
SM
MD
LG