Tautan-tautan Akses

Ehud Olmert Tidak Mengindahkan Seruan Gencatan Senjata Militan Palestina Hamas


PM Israel Ehud Olmert tidak mengindahkan seruan gencatan senjata yang ditawarkan kelompok militan Palestina Hamas, dengan mengatakan Israel akan meneruskan operasi mereka di Jalur Gaza. Kata Olmert memang terjadi peperangan sesungguhnya di Gaza antara militer Israel dan Hamas.

Olmert memberitahu kabinetnya hari ini bahwa Israel tidak bersedia berunding dengan kelompok-kelompok yang tidak mengakui kondisi internasional bagi perdamaian Timur Tengah. Kondisi itu antara lain adalah bahwa Hamas harus meninggalkan kekerasan, mengakui Israel, dan menyetujui persetujuan-persetujuan perdamaian antara Israel-Palestina yang telah dicapai di masa lalu.

Hamas merebut kekuasaan di Jalur Gaza bulan Juni lalu. Media Israel melaporkan hari Saptu bahwa Hamas mulai mengatur pasal-pasal bagi sebuah gencatan senjata dengan Israel. Kelompok itu pertama kali menawarkan gencatan senjata awal pekan ini setelah serangan-serangan udara Israel menewaskan 13 militan Palestina, termasuk 2 komandan tinggi kelompok Jihad Islam.

XS
SM
MD
LG