Tautan-tautan Akses

Gates: Al-Qaida Kembali Susun Kekuatan di Perbatasan Pakistan


Menteri pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan al-Qaida telah menyusun kekuatan kembali di kawasan terkucil Pakistan dekat Afghanistan dan mulai memfokuskan serangan terhadap pemerintah dan militer Pakistan. Namun, tambahnya, kegiatan al-Qaida di Pakistan belum berdampak pada Afghanistan di mana pasukan Amerika, NATO dan pasukan Afghanistan menghadapi peningkatan tajam dalam serangan Taleban selama dua tahun terakhir.

Dalam jumpa pers di Departemen Pertahanan (Pentagon) hari Jum’at, Gates mengatakan Departemennya sedang meningkatkan kemampuan militer Pakistan dalam operasi kontra pemberontakan dengan menyediakan latihan dan perlengkapan. Amerika tiap tahun memberi bantuan militer bernilai ratusan juta dolar kepada Pakistan.

Gates juga mengatakan pasukan Amerika dan NATO menimbulkan kerugian berat pada Taleban di Afghanistan dan sudah mulai melakukan rekonstruksi penuh sambil memperkuat pasukan keamanan.

Selanjutnya, Robert Gates mengatakan anggaran yang disetujui Kongres Amerika hanya memecahkan sebagian dari beaya operasi perang. Ia menambahkan, tanpa ada tindakan lebih lanjut pada tahun baru nanti maka Departemennya menghadapi risiko kehabisan uang.

Kongres pekan ini menyetujui 70 miliar dolar untuk beaya operasi di Afghanistan dan Irak, separuh dari yang diminta Presiden Bush.

Gates mengatakan ia khawatir membeayai operasi perang itu dalam bentuk tersendat-sendat memaksa Washington membuat perencanaan dan keputusan jangka pendek. Gates juga mengatakan Washington ingin mempertahankan dan memperluas sukses di bidang keamanan yang dicapai di Irak. Ia berharap keadaan akan terus membaik dan para komandan militer meminta agar jumlah pasukan Amerika dikurangi.

XS
SM
MD
LG