Tautan-tautan Akses

Calon Kuat Pilpres Korea Selatan Bantah Tuduhan Curang


Calon terdepan dalam pemilihan presiden Korea Selatan sekali lagi membantah tuduhan kecurangan keuangan sehari sebelum pemilu.

Mantan walikota Seoul Lee Myung-bak dari Partai Nasional Besar yang beroposisi membela dirinya hari Selasa setelah parlemen Korea Selatan hari Senin memutuskan untuk menunjuk seorang pengacara khusus untuk menyelidiki tuduhan tersebut.

Jajak pendapat terbaru menunjukkan Lee unggul dengan sekitar 50 persen pendukung. Kedua saingannya berusaha memfokuskan perhatian bangsa atas skandal itu yang melibatkan sebuah perusahaan yang dikatakan milik Lee.

Tim jaksa Korea Selatan pekan lalu membebaskan Lee atas tuduhan-tuduhan bahwa ia memperoleh keuntungan dari manipulasi harga saham melalui salah satu usaha patungan dengan Amerika bernama BBK.

Tetapi parlemen menyetujui investigasi lebih jauh setelah rekaman video yang baru saja dimunculkan secara luas tampaknya menunjukkan Lee menyatakan ia mendirikan BBK – yang mengkontradiksi pernyataan dia sebelumnya bahwa ia sama sekali tidak ada hubungan dengan perusahaan itu.

Warga Korea selatan sudah mulai mencoblos dalam pemilihan presiden yang secara luas diduga akan mengakhiri kekuasaan liberal. Mantan walikota Seoul Lee Myung-bak dari Partai Nasional Besar berhaluan konservatif memperoleh keunggulan dalam jajak pendapat sebelum pemilu hari Rabu.

Kedua saingan Lee berusaha untuk memfokuskan perhatian bangsa pada skandal yang melibatkan perusahaan yang dikatakan milik Lee.

XS
SM
MD
LG