Tautan-tautan Akses

Parlemen Irak Kutuk Serangan Udara Turki di Daerah Kurdi Irak


Parlemen Irak hari Senin mengutuk serangan udara Turki di daerah Kurdi di Irak utara sebagai pelanggaran besar terhadap kedaulatan Irak. Kutukan itu merupakan jawaban atas serangan udara Turki hari Minggu di daerah pegunungan Qandil di Irak.

Turki mengatakan serangan semata-mata ditujukan terhadap basis-basis pemberontak Partai Pekerja Kurdistan PKK. Tetapi pejabat-pejabat Irak dari suku Kurdi mengatakan ada beberapa desa yang mengalami kerusakan berat dan sedikitnya seorang warga sipil tewas.

Pemberontak PKK mengatakan lima pejuangnya tewas. Menteri luar negeri Irak Hoshyar Zebari mengatakan tampaknya serangan udara Turki itu dilancarkan berdasarkan informasi keliru sebab warga sipil yang jadi korban. Ia juga mengatakan Turki harus mengkordinasikan tiap serangan terhadap pemberontak di dalam wilayah Irak dengan pemerintah Irak.

Pejabat-pejabat Amerika mengatakan mereka menerima pemberitahuan di muka dari Turki tentang serangan hari Minggu itu. Namun mereka menolak mengatakan apakah mereka mengizinkan serangan itu. Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan pemberontak PKK adalah ancaman yang tidak dapat ditolerir.

XS
SM
MD
LG