Tautan-tautan Akses

Inggris Resmi Serahkan Penjagaan Keamanan Basra kepada Pasukan Irak


Inggris telah menyerahkan tanggung jawab keamanan untuk provinsi Basra di Irak Selatan kepada pasukan Irak, menandai langkah penting penarikan pasukan Inggris dari Irak.

Panglima pasukan Inggris di Basra, Mayor Jendral Graham Binns menandatangani kesepakatan penyerahan itu dalam upacara hari Minggu yang dihadiri oleh pejabat Irak dan Inggris. Event ini termasuk parade tentara dan perlengkapan pasukan Irak.

Basra merupakan yang terakhir dari empat provinsi yang diserahkan kendalinya oleh militer Inggris kepada Irak. Ini juga merupakan provinsi ke 9 dari 18 provinsi di Irak yang diserahkan kembali kepada pasukan Irak oleh pasukan koalisi sejak invasi tahun 2003.

Inggris mengatakan fihaknya akan mempertahankan pasukan lebih kecil di Irak selatan guna melatih pasukan Irak dan menyediakan dukungan tempur kalau dibutuhkan.

Pejabat Amerika di Baghdad menyambut gembira serah terima kendali Basra itu, tetapi mengatakan pemimpin provinsi dan militer Irak masih harus meningkatkan keamanan dan menciptakan kemampuan berdiri sendiri disana.


XS
SM
MD
LG