Tautan-tautan Akses

Ayman al-Zawahiri: AS Gagal dalam Usahanya untuk Menundukkan Militan di Irak


Orang kedua al-Qaida, Ayman al-Zawahiri, mengatakan Amerika Serikat gagal dalam usahanya untuk menundukkan militan di Irak.

Deputi Osama bin Laden itu berbicara tentang apa yang dia katakan sebagai kekuatan Mujahidin yang semakin besar di Irak selama sesi panjang tanya-jawab dengan unit media al-Qaida, as-Sahab. Rekaman video komentar Zawahiri dengan teks terjemahan bahasa Inggris muncul dalam situs web Islamis hari Minggu.

Dalam rekaman itu, Zawahiri mengatakan kepada pewawancara yang tidak tampak bahwa keputusan Inggris untuk menyerahkan tanggung jawab keamanan di provinsi Basra kepada otoritas Irak sesungguhnya merupakan tanda bahwa pasukan Inggris melarikan diri.

Komandan pasukan Inggris di Basra, Mayor Jenderal Graham Binns menanda-tangani perjanjian serah terima itu pada upacara hari Minggu yang dihadiri oleh para pejabat Irak dan Inggris.

Basra adalah provinsi terakhir dari empat provinsi yang oleh pasukan Inggris kendalinya dikembalikan kepada Irak, dan merupakan provinsi ke sembilan dari 18 provinsi negara itu yang telah dikembalikan oleh pasukan koalisi kepada otoritas Irak.

XS
SM
MD
LG