Tautan-tautan Akses

Oposisi Pakistan Kecam Perubahan Konstitusi oleh Presiden Musharraf


Para politisi oposisi Pakistan mengecam perubahan-perubahan yang dibuat oleh Presiden Pervez Musharraf terhadap konstitusi sebelum dia mencabut undang-undang darurat Sabtu kemarin.

Perubahan yang dibuat oleh Musharraf itu melindungi statusnya sebagai presiden, melegalisasi pemaksaan pensiun para hakim yang menolak menerima undang-undang darurat, dan mengatur bahwa langkah-langkah yang dikenakan pada masa berlakunya undang-undang darurat tersebut tidak bias ditantang di peradilan.

Para pejabat dalam partai mantan PM Nawaz Sharif Ahad ini mengutarakan, perubahan-perubahan konstitusional presiden Musharraf tsb setara dengan seorang pria yang melakukan tindak criminal dan kemudian membebaskan dirinya dari kesalahan.

Presiden Musharraf mencabut undang-undang darurat tersebut Sabtu kemarin, seraya mengatakan langkah yang diberlakukannya pada tanggal 3 November lalu itu adalah upaya akhir untuk menyelamatkan Pakistan dari kekacauan. Pemimpin Pakistan itu juga berjanji bahwa pemilihan parlemen tanggal 8 Januari mendatang akan bersifat bebas, adil dan transparan.

Para politisi oposisi mengutarakan, langkah-langkah Musharraf tersebut telah mencurangi pemilu yang memberi keuntungan kepada para pendukungnya.

XS
SM
MD
LG