Tautan-tautan Akses

Mantan Perwira CIA Akui Gunakan Teknik Terbenam Air dalam Interogasi


Seorang mantan perwira CIA mengatakan mereka yang melakukan interogasi menggunakan teknik simulai terbenam pada seorang anggota senior al-Qaida, dan ia beranggapan metoda itu merupakan penyiksaan.

Mantan agen CIA John Kiriakou dalam beberapa wawancara mengatakan teknik itu dikenal sebagai waterboarding ikut membuat tersangka anggota senior al-Qaida membeberkan informasi yang diperlukan dalam waktu kurang 35 detik.

Dalam menanggapinya, jurubicara Gedung Putih Dana Perino hari ini mengatakan Presiden Bush menyetujui program sesuai hukum iuntuk menginterogasi “teroris kejam.” Perino mengatakan program itu, yang diumumkan tahun 2006, aman, efektif dan menurut hukum. Gedung Putih belum pernah mengkonfirmasi tehnik interogasi khusus yang manapun juga.

Kiriakou mengatakan sehari setelah waterboarding itu, Zubaydah bersedia bekerja-sama dan membei informasi intelijen penting yang mencegah sejumlah serangan. Kiriakou tadinya dalah bagian dari tim CIA yang meninterogasi Zubeydah tetapi mengatakan ia tidak menyaksikan dilakukannya tehnik itu.

Direktur CIA Michael Hayden akan memberi kesaksian hari ini di Komisi Intelijen Senat mengenai pemusnahan rekaman video interogasi Zubaydah dan tawanan lagi anggota senior al-Qaida .


XS
SM
MD
LG