Tautan-tautan Akses

Gates: Iran Tetap Merupakan Ancaman di Timur Tengah


Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan, Iran tetap merupakan ancaman di Timur Tengah dan Amerika meskipun laporan intelijen baru Amerika menunjukkan bahwa Teheran menghentikan program senjata nuklirnya tahun 2003.

Dalam pidato pada konferensi keamanan di Bahrain hari ini, Gates mengatakan, negara-negara di Teluk Persia harus bekerjasama dalam menuntut agar Iran berterusterang mengenai kegiatan-kegiatan nuklirnya pada masa lalu, dan berjanji tidak akan mengembangkan senjata nuklir pada masa depan.

Kemarin, Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice mengatakan, Amerika dan negara-negara besar lain sepakat melanjutkan tekanan terhadap Iran yang menolak menghentikan program pengayaan uranium.

Rice mengatakan kepada wartawan seusai berbicara dengan para menteri luar negeri NATO di Brussels, semua pihak sepakat melanjutkan upaya memberlakukan sanksi baru terhadap Iran, kalau Iran tidak memenuhi tuntutan itu.

Sementara itu, Iran telah menuduh Amerika Serikat menggunakan spionase dalam menyusun laporan Prakiraan Intelijen Nasional dan yang telah dirilis hari Senin.

Kantor berita resmi Iran, Irna, mengutip Menteri Luar Negeri Iran, Manouchehr Mottaki yang mengatakan, pemerintahnya mengirim surat protes kepada Kedutaan Swiss di Teheran, meminta penjelasan.

Kedutaan Swiss menangani kepentingan Amerika pada saat tidak adanya perwakilan diplomatik Amerika di Iran.


XS
SM
MD
LG