Tautan-tautan Akses

Lebih 70 Pemimpin Hadiri KTT Eropa-Afrika di Lisbon


Lebih dari 70 pemimpin Eropa dan Afrika menghadiri KTT yang pertama dalam tujuh tahun di Lisbon. KTT di ibukota Portugal itu bertujuan meningkatkan kerjasama antara kedua benua dalam perdagangan, pembangunan ekonomi, keamanan dan hak asasi.

Namun diskusi pra-KTT terpusat pada Presiden Zimbabwe Robert Mugabe, dan apakah ia seyogyanya menghadiri KTT. Para pejabat Portugal berjanji bahwa pertemuan tidak akan menghindari diskusi mengenai perbedaan pendapat dan isu hak asasi.

Pembicaraan mengenai perdagangan akan terfokus pada langkah Organisasi Perdagangan Sedunia belum lama ini untuk menghapuskan persetujuan lama yang mengecualikan negara-negara berkembang di Afrika dari berbagai cukai impor Eropa.

Sementara itu, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan, Zimbabwe merusak citra Afrika baru. Kanselir Merkel menyampaikan hal itu tatkala sebagai wakil Uni Eropa hari Sabtu mengangkat masalah hak asasi manusia pada KTT itu.

Kehadiran Presiden Zimbabwe Robert Mugabe dalam KTT itu telah menjadi topik dalam pembicaraan pra KTT. Perdana Menteri Inggris Gordon Brown memboikot KTT itu karena kehadiran Presiden Mugabe. Perdana Menteri Brown menuduh Presiden Mugabe melakukan penindasan terhadap rakyatnya.

XS
SM
MD
LG