Tautan-tautan Akses

Beberapa Penulis dari Eropa dan Afrika Menuduh Para Pemimpin Benua Pengecut Politik


Beberapa penulis dari Eropa dan Afrika menuduh para pemimpin benua mereka “pengecut politik” karena gagal mengutamakan Zimbabwe dan Darfur dalam agenda pertemuan puncak yang akan segera diadakan.

Pertemuan puncak Uni Eropa di Portugal akan diadakan tanggal 8 dan 9 Desember. Portugal sedang memegang jabatan ketua bergilir Uni Eropa. KTT itu bertujuan untuk memperkuat hubungan politik dan ekonomi antara Uni Eropa dan Afrika.

Tetapi, para penulis itu mengatakan dalam surat terbuka yang dimuat dalam suratkabar hari ini bahwa waktu belum disisihkan untuk membicarakan kekerasan di Darfur, Sudan, atau krisis politik dan ekonomi Zimbabwe. Para penulis itu mencakup para pemenang hadiah Nobel Gunter Grass dari Jerman, Nadine Gordimer dari Afrika Selatan, dan Wole Soyinka dari Nigeria, serta mantan Presiden Ceko yang juga penulis drama, Vaclav Havel.

Perdana Menteri Inggris Gordon Brown mengatakan ia akan memboikot pertemuan puncak itu kalau Presiden Zimbabwe Robert Mugabe hadir. London adalah salah satu pengecam paling tajam pemerintahan Mugabe.

XS
SM
MD
LG