Tautan-tautan Akses

Mandela ikut Bergabung dalam Peringatan Hari AIDS Sedunia di Afsel


Mantan presiden Afrika Selatan Nelson Mandela ikut bergabung bersama ribuan orang memperingati Hari AIDS Sedunia dengan konser besar untuk mengumpulkan dana dan membangkitkan kesadaran akan penyakit itu.

Mandela berpidato di hadapan ribuan pengunjung konser di Taman Ellis kota Johannesburg, mendesak mereka ikut membantu mengubah sikap masyarakat terhadap penderita AIDS dan untuk berbicara secara terbuka mengenai penyakit itu.

Dia mengatakan dia merasa berbesar hati bahwa angka infeksi AIDS menurun. Namun, dia memperingatkan bahwa dunia tidak boleh berpuas diri, dengan mengatakan jumlah infeksi baru HIV masih melebihi jumlah orang yang diobati karena penyakit itu.

Sekitar 50 ribu orang menghadiri konser itu, yang menampilkan artis internasional seperti Annie Lennox, Peter Gabriel dan Goo Goo Dolls.

Aktivis kesehatan di seluruh dunia memanfaatkan peringatan tahunan Hari AIDS Sedunia memusatkan perhatian pada semua upaya memerangi pandemi penyakit itu. Dana Global Untuk Memerangi AIDS, TBC dan Malaria yang disponsori PBB mengatakan pihaknya telah memberi obat kepada hampir satu-setengah juta orang yang mengidap HIV yaitu virus yang menyebabkan AIDS.

XS
SM
MD
LG