Tautan-tautan Akses

Polisi Rusia Menahan 100 Aktivis Politik di St. Petersburg


Polisi Rusia telah menahan sekitar 100 aktivis politik dan anggota oposisi di St. Petersburg ketika mereka berusaha menyelenggarakan reli menentang Presiden Vladimir Putin.

Boris Nemtsov, pemimpin dari Partai Persatuan Kekuatan Hak-Hak, dan kemungkinan, calon dalam pemilihan Presiden Rusia mendatang, ditangkap. Polisi anti-huru-hara mempergunakan pentungan untuk menghentikan pengunjuk rasa yang berbaris ke pusat dari kota Rusia kedua terbesar hari Minggu.

Para aktivis yang memegang bunga putih mulai berbaris menuju pusat kota meskipun ada larangan pemerintah.

Beberapa dari mereka membeberkan poster dari Partai Bolshevik Nasional yang dilarang. Kegiatan ini diorganisir oleh koalisi The Other Russia atau Rusia Yang Berbeda, sebuah gerakan dari lawan-lawan Kremlin yang menuduh Presiden Vladimir Putin membrangus kebebasan.

Penangkapan ini terjadi sehari setelah polisi di Moskow menangkap pemimpin oposisi Garry Kasparov dan beberapa pengunjuk rasa lain di Moskow. Kasparov sudah berada dalam tahanan selama lima hari.

Kelompok Rusia Yang Berbeda meng organisir kedua gerak jalan ini menjelang pemilihan parlemen hari Minggu yang akan datang.


XS
SM
MD
LG