Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB: Anak-Anak di Birma Direkrut untuk Bertempur


Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan meskipun ada perjanjian melindungi hak anak-anak, di Birma anak-anak direkrut untuk bertempur dalam konflik bersenjata.

Ban Ki-moon hari Jum’at menyampaikan laporan kepada Dewan Keamanan mengatakan bahwa pemerintah Birma, Uni Nasional Karen dan Partai Progresif Nasional Karenni masih tetap terlibat serious dalam melanggar hak anak-anak. Laporan menyebut tentang berbagai kesulitan yang dihadapi dalam mengumpulkan data tentang hak anak-anak di Birma.

Ban Ki-moon mendesak pemerintah militer Birma untuk menjaga agar semua kelompok bersenjata yang menjalin persetujuan gencatan senjata dengan pemerintah dapat ditemui oleh pemantau hak asasi anak-anak.

Ia juga meminta pemerintah militer mengambil tindakan disiplin terhadap yang bertanggungjawab memfasilitasi perekrutan anak-anak. Juga hari Jum’at satu jaringan perempuan internasional melancarkan kampanye untuk membebaskan pemimpin oposisi Birma Aung San Suu Kyi serta perempuan lain aktivis hak asasi manusia di Birma.

XS
SM
MD
LG