Tautan-tautan Akses

Serikat Buruh Angkutan di Prancis Putuskan Akhiri Pemogokan


Sebagian besar buruh angkutan di Prancis kembali bekerja setelah serikat mereka memutuskan mengakhiri pemogokan melumpuhkan yang telah berjalan sembilan hari memprotes rencana Presiden Nicolas Sarkozy mereformasi peraturan pensiun.

Pejabat-pejabat Prancis mengatakan semua layanan jasa angkutan diharapkan membaik dalam beberapa hari ke depan sementara bertambah banyak buruh yang kembali bekerja. Layanan angkutan umum di kota Paris (RATP) menjelaskan 70% layanan kereta-api bawah tanah dan 75% layanan bus di kota itu diharapkan pulih hari Jum’at.

Presiden Sarkozy hari Jum’at mengukuhkan tekadnya meneruskan reformasi. Reformasi ini berisi antara lain mengurangi tunjangan pensiun bagi buruh angkutan dan petugas keamanan yang berhak pensiun setelah bekerja 37-setengah tahun sedang buruh lain baru berhak pensiun setelah bekerja 40 tahun.

Dalam pada itu, yang berwajib meliburkan semua perkuliahan di Universitas Sorbonne yang terkenal di Paris sampai hari Senin setelah pemrotes yang memblokir pintu masuk ke universitas itu bentrokan dengan mahasiswa yang mau menghadiri kuliah.

XS
SM
MD
LG