Tautan-tautan Akses

Mesir, Turki Pastikan Akan Hadiri Konferensi Perdamaian Timur Tengah


Mesir dan Turki akan mengirim menteri LN masing-masing menghadiri konperensi perdamaian Timur tengah yang akan diadakan di kota Annapolis, dekat Washington, minggu depan. Ini adalah dua negara Islam yang pertama yang memastikan akan hadir dalam konperensi yang disponsori Amerika itu.

Sejumlah negara Arab lainnya yang diundang baru akan memutuskan apakah akan hadir dalam konperensi itu setelah pertemuan liga Arab di Kairo hari Jumat. Asisten Menlu Amerika Urusan Asia Timur Dekat David Welch mengatakan ia berharap negara-negara Arab akan hadir sehingga dapat berperan dalam melaksanakan solusi “dua negara” dan menciptakan kestabilan.

Amerika telah mengundang 50 negara dan organisasi internasional untuk hadir dalam konperensi satu hari di Annapolis. Diantara yang diundang termasuk beberapa negara Arab yang tidak mengakui Israel, seperti Arab Saudi, Irak dan syria.

Perdana Menteri Israel Ehud Olmert dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas akan menghadiri pertemuan tersebut. Para pejabat Palestina hari ini mengatakan mereka masih melanjutkan pembicaraan dengan Israel yang dimaksudkan untuk menyusun dokumen bersama yang akan diajukan dalam konferensi tersebut.

Pemerintah Israel mengumumkan pernyataan niat baiknya kepada Abbas hari ini, dengan mengatakan Israel mengizinkan para Petani Palestina di Jalur Gaza untuk mengekspor bunga dan stroberi ke Eropa.

Sementara, Menteri LN Amerika Condoleezza rice mengatakan, konperensi itu akan dinyatakan berhasil kalau bisa meluncurkan perundingan Israel-Palestina untuk membentuk negara Palestina merdeka.

XS
SM
MD
LG